Bagaimana Cara Mengobati Ayam yang Sakit secara Tradisional?

Bagaimana Cara Mengobati Ayam yang Sakit secara Tradisional? Ayam sendiri mempunyai banyak macam jenisnya di Indonesia terutama di jawa. Diantaranya jenis ayam tersebut adalah Ayam Cemani, Bekisar (hibrida interspesifik), ayam Sumatra, Kedu (standardisasi nasional), Pelung, Ayam Ketawa (jenis asli dari Rappang, Sulawesi Selatan), Bali (ayam tanpa bulu leher). Adapun jenis penyakit ayam bisa anda baca : Jenis-jenis penyakit pada ayam.

Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional
Banyak sekali pertanyaan dari para pecinta ayam tentang Bagaimana cara mengobati ayam secara tradisional dengan ramuan herbal yang tentunya menjadi obat alami bagi ayam. Berikut adalah obat yang cocok untuk ayam anda yang sedang sakit :
  1. AYAM TEDUN,BUATKAN LUBANG LALU ISI AIR,RENDAM KAKI AYAM TIAP HARI.
  2. AYAM BUBUL,KAKI DIBERSIHKAN DULU/DISIKAT,HABIS ITU DIOLESI KAPUR CAMPUR KUNYIT.
  3. AYAM MANIK,SETIAP MALAM DIKASIH MADU ASLI.
  4. AYAM KURAPAN,OLESKAN BELIRANG ATAU PACE/KUDU.
  5. AYAM KURAP DI KAKI,SIKAT PAKAI MINYAK TANAH,KEMUDIAN OLESKAN KAPUR+KUNYIT.
  6. AYAM LUMPUH,DIBOBOKI DAUN KEMANGI DICAMPUR RAGI TAPE.
  7. AYAM NGEMIL,DIOLESI KUNYIT+KAPUR.
  8. AYAM KENA JALU,BERSIHKAN DGN AIR GARAM ATAU AIR SIRIH HANGAT,VETSIN/MICIN JUGA BISA,ATAU BUBUK ARANG.
  9. AYAM PATUK LEPAS,OLESKAN BLIMBING WULUH,BAWANG PUTIH ATAU MENTEGA.
  10. AYAM NGURAK,SETIAP PAGI MANDIKAN DGN AIR BERAS+BAWANG MERAH.
  11. AYAM TIDAK KUAT NAPAS,SEBELUM TARUNG 3 HARI,DIMAKANKAN TELUR+LAOS YG DIJEMUR.
  12. AYAM BANTAT,MAKANKAN TEMUKUNCI YG DIBAKAR.
  13. AYAM NGOROK,DIKOROKI DGN MINYAK TANAH.
  14. MEMENDEKKAN JALU,PISANG PANAS DITUSUKKAN KE JALU,KIRA2 20 DETIK LALU MULAI DIBENTUK ATAU LILIN MENYALA UTK MEMANASKAN JALU,HINGGA CEMPURINYA MASUK AGAR TDK BERDARAH!
  15. MATA AYAM KEPUKUL,DITETESI AIR LOMBOK ATAU AIR SIRIH.
  16. AYAM MENCRET/KOTORAN GAK KERAS,MALAM DIMINUMKAN AIR KUNYIT.

Pertanyaan Pengobatan Ayam yang Sakit
Para pecinta ayam, pasti akan memperhatikan betul masalah kesehatan ayamnya. Sangat disayangkan dan kasihan ketika ayam sakit dan dibiarkan begitu saja. Barikut akan saya berikan juga pertanyaan yang sering muncul tentang ayam yang sakit.

Kalau ayam turun urat gimana cara ngobatin nya?
Turun urat biasanya terjadi pada ayam muda yg terlalu dipaksakan durasi tarungnya, atau bisa pula pada ayam yg kondisinya kurang sehat setelah menjalani porsi latihan yg berat kemudian tetap dipaksakan tarung. Untuk mengobati ayam turun urat tersebut, biasanya dapat diobati dg memberi obat khusus turun urat merk Formula,dosis dapat dilihat ditabel. Obat ini dapat dibeli di poultry unggas/pet shoop. atau maz bro juga bisa memberikan obat Megatic (obat rematik utk manusia,bisa didapat di apotik) dgn dosis setengah tablet 2 hari sekali.biasanya 2-3 x pemberian obat,bengkak pada kaki ayam kempes dan ayam akan dapat kembali berjalan normal.

Sbagai tambahan pengobatan alternatif dapat dilakukan langkah tradisional berikut:
Setiap hari (sesering mungkin) kaki ayam yang turun urat diperban/dibungkus dgn kain dg menempelkan daun serai yang ditumbuk halus. Diusahakan agar kaki ayam bisa menginjak tanah (di bungkus seperti merawat orang patah tulang). Di saat akan mengganti daun Serai, sebaiknya kaki ayam di rendam dgn air dingin/air es beberapa menit, kemudian dibungkus lagi seperti semula.

Sumber : Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional ^_^