Pengertian Etos Kerja itu Apa?

Pengertian Etos Kerja itu Apa? Kamus wikipedia menyebutkan bawa etos merupakan bahasa dari Yunani ; akar katanya adalah ethikos yang mengandung arti moral atau menunjukkan karakter moral. Dalam bahasa yunani kuno serta modern, etos mempunyai arti sebagai keberadaan diri, jiwa dan pikiran yang membentuk seseorang.
etos kerja

* Pada webster's New Word Dictionary, 3rd College Edition, etos mempunyai definisi sebagai kecenderungan atau karakter; sikap, kebiasaan, keyakinan, yang berbeda dari individu atau kelompok. Bahkan dapat dikatakan bahwa etos pada dasarnya adalah tentang etika. Untuk fungsinya silahkan baca Fungsi Etos Kerja.

Dalam kamus bahasa Indonesia, Etos Kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok, dengan demikian Etos adalah sikap yang tetap dan mendasar yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dalam pola hubungan antara manusia dengan dirinya dan diluar dirinya.

Pengertian Etos Kerja menurut Para Ahli
Dari keterangan-keterangan diatas, dapat disimpulkan, bahwa kata etos berarti watak atau karakter seorang individu atau kelompok manusia yang berupa kehendak atau kemauan yang disertai dengan semangat yang tinggi guna mewujudkan suatu keinginan dan cita-cita.

Arti Etos Kerja adalah refleksi dari sikap hidup yang mendasar maka etos kerja pada dasarnya juga merupakan cerminan dari pandangan hidup yang berorientasi pada nilai-nilai yang berdimensi transenden (ilahiyah).

Setelah membaca Pengertian Etos Kerja ini semoga anda lebih mengerti apa yang dimaksud dengan etos kerja! Semoga bermanfaat, jangan lupa ucapkan terimakasih anda pada komentar atas ilmu hari ini.